PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMUNIKASI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN (Survei pada Industri Pengolahan BUMN di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMUNIKASI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN (Survei pada Industri Pengolahan BUMN di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMUNIKASI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN (Survei pada Industri Pengolahan BUMN di Kota Bandung)
Author: Purnameda, Aulia
Abstract: Perubahan usulan dan rekomendasi dari audit internal masih dianggap menyulitkan dan merugikan bagi auditee, bahkan terkesan formalitas dan cenderung mengabaikan tingkat kesulitan atau kendala yang akan dihadapi auditee nantinya atas pelaksanaan saran dari bagian audit internal tersebut. Dengan demikian auditor internal diharapkan dapat memegang teguh prinsip integritas, objektivitas, kerahasiaan, dan kompetensi yang harus tercermin dalam perilakunya. Maka, dengan sikap seperti itu auditor internal diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan seperti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor internal terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan, pengaruh komunikasi auditor internal terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan serta pengaruh profesionalisme dan komunikasi auditor terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif. yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme auditor internal pada empat BUMN di kota Bandung berpengaruh terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan sebesar 73,3% dan memiliki hubungan yang sangat kuat sebesar 0,856 dengan t hitung 8,760 > t tabel 1,701 yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif antara profesionalisme auditor internal terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan. Pengaruh komunikasi auditor internal terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan sebesar 72,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis nilai t hitung 8,633 > t tabel 1,701 yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif antara komunikasi auditor internal terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan. Kualitas laporan hasil pemeriksaan dipengaruhi oleh profesionalisme dan komunikasi auditor sebesar 84,1%. Profesionalisme dan komunikasi auditor berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan karena nilai F sig 0,00 < 0,05.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7839
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.18Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 341.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 236.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 240.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 208.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 184.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 425.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 519.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 952.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.53Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 161.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record