PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Survei Pada Beberapa Bank di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Survei Pada Beberapa Bank di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Survei Pada Beberapa Bank di Bandung)
Author: Kosasih, Syelvinawati Rahayu
Abstract: Bank merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan yang memegang peranan penting dan menjadi tiang penyangga dalam perekonomian di Indonesia. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkan dananya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Kredit merupakan salah satu kegiatan terpenting pada suatu bank karena memberikan keuntungan yang cukup besar, tetapi juga memiliki resiko yang cukup besar pula. Untuk mengurangi resiko kredit tersebut, diperlukan penilaian terlebih dahulu terhadap berbagai aspek yang mendukung proses pemberian kredit tersebut. Ada banyak aspek yang perlu dinilai oleh pihak bank sebelum membuat suatu keputusan pemberian kredit. Salah satunya adalah dengan cara menilai aspek informasi akuntansi dari pemohon kredit untuk membantu pihak bank mengambil keputusan memberi atau menolak permohonan kredit yang diajukan oleh pemohon. Berdasarkan alasan di atas, penulis mengadakan penelitian pada beberapa bank yang ada di Bandung, baik itu Bank umum milik pemerintah dan juga bank umum swasta. Penelitian tersebut dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh dari informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan pemberian kredit. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi survei, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penulis melalui pembagian kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori yang telah dipelajari. Sedangkan untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan metode regresi linier berganda (multiple regretion) dan dibantu dengan sistem SPSS for Windows 15.00. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, terhadap beberapa bank yang ada di Bandung dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh antara informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan pemberian kredit. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan SPSS for Windows 15.00, dengan n=10 dan tingkat signifikansi 0.05. Hail penelitian untuk variabel independen menunjukkan bahwa F statistik 9.663 dan F tabel sebesar 6.2561, besarnya pengaruh tersebut sebesar 0.924 (92.40%). dan untuk variabel moderator menunjukkan bahwa F statistik 5.469 dan F tabel sebesar 5.1922, besarnya pengaruh tersebut sebesar 0.814 (81.40%). Dari hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran agar para calon debitur dapat lebih meningkatkan kualitas informasi akuntasi dari laporan keuangan yang diberikan kepada pihak bank guna membantu pelaksanaan pengambilan keputusan pemberian kredit. Untuk pihak bank sendiri khususnya para pengambil keputusan dapat lebih meningkatkan kualitas serta kemampuan dalam melakukan penilaian kredit, dan juga melaksanakan semua sistem dan prosedur perkreditan yang ada secara utuh dan sesuai dengan yang seharusnya agar resiko kredit dapat diminimalisasi di masa yang akan datang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7837
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.87Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.64Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.88Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.52Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.51Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 174.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 56.90Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 195.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.22Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.11Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record