PENGARUH KONFLIK PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero)

Widyatama Repository

PENGARUH KONFLIK PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero)

Show full item record

Title: PENGARUH KONFLIK PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero)
Author: Yaningsih, Riri Octafitri
Abstract: Dalam menjalankan tugas dan fungsinya auditor internal selalu dihadapkan pada konflik-konflik. Hal tersebut dikarenakan para auditor internal adalah pegawai yang melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan tempat dimana mereka bekerja, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa auditee yang mereka periksa adalah sejawat mereka sendiri. Konflik peran dan ketidakjelasan peran yang dialami oleh auditor internal dapat menyebabkan adanya tekanan-tekanan yang pada akhirnya akan berpengaruh negatif terhadap kinerja auditor internal dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konflik peran dan ketidakjelasan peran terhadap kinerja auditor internal dan mengukur pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan survei teknik sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan pada 12 auditor internal PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau yang biasa disingkat PT INTI (Persero) yang berlokasi di Jalan Moch. Toha No 77 Bandung-Jawa Barat. Dalam memperoleh data yang diperlukan, penyusunan skripsi ini menggunakan teknik penelitian yang dikembangkan menjadi pernyataan tertutup dengan skala Likert. Sementara hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat kekeliruan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 119,31 – 2,45X1 -2,55X2. Dengan menggunakan korelasi berganda, menyatakan bahwa konflik peran (X1) dan ketidakjelasan peran auditor internal (X2) memiliki hubungan yang sangat kuat dengan kinerja auditor internal (Y1) dengan nilai R sebesar 0,85 dan koefisien determinasinya 73,50%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa fhitung>ftabel (12,47>4,25), maka secara simultan konflik peran dan ketidakjelasan peran auditor internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor internal. Pada pengujian parsial, untuk variabel konflik peran -thitung<-ttabel yaitu -2,46<-1,83, maka Ho ditolak, artinya secara parsial, konflik peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja auditor internal pada PT INTI (Persero). Sedangkan, untuk variabel ketidakjelasan peran auditor internal, -thitung<-ttabel yaitu -3,61<-1.83, maka Ho ditolak, artinya secara parsial, ketidakjelasan peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja auditor internal pada PT INTI (Persero).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7836
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.94Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 173.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 256.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 444.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 557.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 895.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 43.46Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 105.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record