PENGARUH KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Survei Pada Perusahaan Industri Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Survei Pada Perusahaan Industri Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Survei Pada Perusahaan Industri Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Anggraeni, Florentina Anjar
Abstract: Rekonsiliasi fiskal merupakan penyesuaian laporan keuangan komersial yang telah disusun oleh wajib pajak dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Dalam rekonsiliasi tersebut muncul perbedaan antara laba komersial menurut Standar Akuntansi Keuangan dengan penghasilan kena pajak yaitu berupa koreksi fiskal, yang dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok yaitu perbedaan permanen dan perbedaan temporer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan permanen dan perbedaan temporer terhadap pajak penghasilan wajib pajak badan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di 6 Perusahaan Industri Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan mengambil sampel laporan keuangan periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi survei. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t dan pengaruh simultan diuji dengan menggunakan uji F. Penelitian secara parsial membuktikan bahwa perbedaan permanen memiliki pengaruh signifikan terhadap pajak penghasilan wajib pajak badan, dapat dilihat dari thitung > ttabel yaitu 2,441 > 1,753. Penelitian secara parsial juga membuktikan bahwa perbedaan temporer tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pajak penghasilan wajib pajak badan, dapat dilihat dari thitung ttabel yaitu 0,281 1,753. Penelitian secara simultan membuktikan bahwa perbedaan permanen dan perbedaan temporer secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pajak penghasilan wajib pajak badan, dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel yaitu 3,985 > 3,680.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7831
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.80Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 148.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 226.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 223.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 176.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 226.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 413.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 327.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 566.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 262.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 110.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record