PERANAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada Inspektorat Pemerintahan Kota Sukabumi)

Widyatama Repository

PERANAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada Inspektorat Pemerintahan Kota Sukabumi)

Show full item record

Title: PERANAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada Inspektorat Pemerintahan Kota Sukabumi)
Author: Dewantara, M. Iqbal
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelaksanaan Pengendalian internal dilaksanakan secara memadai, efektif, dan apakah pengendalian internal dapat berperan terhadap kualitas laporan keuangan di Inspektorat Kota Sukabumi. Kegiatan dalam pengendalian intern ini dapat membantu manajemen inspektorat menciptakan sistem pengendalian intern yang efektif dengan cara mengevaluasi keandalan, efisiensi dan efektifitas sistem pengendalian tersebut, serta mendorong peningkatan praktik pengendalian intern secara berkesinambungan. Evaluasi terhadap sistem pengendalian intern juga dapat dipergunakan untuk menilai tingkat efektifitas dan efisiensi kegiatan operasi instansi, keandalan informasi, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta pengamanan asset negara. Penelitian ini berjudul “Peranan Efektifitas Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pengendalian internal, kualitas laporan keuangan, dan mengetahui peranan efektifitas pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan di Inspektorat Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Kota Sukabumi Jl.Suryakencana No 24 Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektifitas pengendalian internal sudah memadai, ditunjukkan oleh tercapainya unsur-unsur efektifitas pengendalian internal yang memadai yaitu : lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktifitas pengendalian informasi dan komunikasi dan monitoring. Hasil jawaban kuesioner menunjukkan bahwa efektifitas pengendalian internal pada Inspektorat Pemerintahan Kota Sukabumi sudah memadai karena memiliki nilai persentase 91,57% yang berada pada interval 75%-100%. Kualitas laporan keuangan Inspektorat Pemerintahan Kota sukabumi pun sudah memadai, hal ini ditunjukkan oleh hasil dari jawaban kuesioner pada kualitas laporan keuangan di Inspektorat Kota Sukabumi yang memiliki nilai persentase 80,39% yang berada pada interval 75%-100%. Satuan Pengawas Intern (SPI) sangat berperan dalam menunjang Kualitas laporan keuangan, hal ini ditunjukan oleh Hasil dari jawaban kuesioner bahwa pengendalian sangat berperan terhadap kualitas laporan keuangan di Inspektorat Kota Sukabumi karena memiliki nilai persentase 91,18% yang berada pada interval 75%-100% .Untuk meningkatkan kualitas suatu laporan keuangan, penulis mengajukan saran bahwa pengendalian hendaknya terusmenerus dilaksanakan untuk memastikan apakah tindakan perbaikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam suatu laporan keuangan sudah dilaksanakan oleh manajemen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7817
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 45.18Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 31.78Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.35Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.89Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.51Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.93Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 30.10Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.22Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 208.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.05Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 42.08Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record