DAMPAK ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM PENGENDALIAN KEGIATAN PROMOSI UNTUK PENCAPAIAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk. Food division HYPERMART)

Widyatama Repository

DAMPAK ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM PENGENDALIAN KEGIATAN PROMOSI UNTUK PENCAPAIAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk. Food division HYPERMART)

Show full item record

Title: DAMPAK ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM PENGENDALIAN KEGIATAN PROMOSI UNTUK PENCAPAIAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk. Food division HYPERMART)
Author: Agustina, Diana
Abstract: Dengan semakin berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat dimasa sekarang ini, banyak terjadi persaingan yang ketat diantara perusahaan yang sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kegiatan perusahaan semaksimal mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kegiatan promosi pada dasarnya merupakan suatu komunikasi dari pihak produsen kepada pihak konsumen mengenai kegunaan, kualitas, harga, tempat dimana pembelian dapat dilakukan serta informasi produk lainnya. Dalam promosi dikenal empat alat yaitu : sales promotion, advertising, personal selling, dan public relation. Perusahaan harus dapat menentukan alat yang tepat atau kombinasi yang baik dari alat – alat promosi ini, sehingga perusahaan dapat melakukan kegiatan promosi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadakan perencanaan dan pengendalian aktivitas promosi yang tepat, agar dengan biaya yang telah dikeluarkan diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Sebagai alat pengendaliannya dapat digunakan anggaran biaya promosi. Objek dalam pembahasan skripsi ini adalah anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian kegiatan promosi yang memadai pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk. food division Hypermart yang berlokasi di Lippo Karawaci Tanggerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan anggaran biaya promosi dengan peningkatan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan koefisien kolerasi Rank Spearman dengan n = 12 dan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung = 4,72 yang berarti lebih besar dari t tabel (5% : 12) = 1,782. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa jawaban responden dalam pelaksanaan anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian kegiatan promosi yang memadai memberikan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 55,77%, jawaban responden tentang peningkatan volume penjualan sebesar 55% responden menjawab sangat setuju dan setuju. Hubungan antara anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian kegiatan promosi yang memadai dan peningkatan volume penjualan termasuk kuat. Sedangkan peran atau kontribusi anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian kegiatan promosi yang memadai terhadap peningkatan volume penjualan sebesar 51,84%. Sedangkan sisanya sebesar 48,16% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian kegiatan promosi yang memadai mempunyai peranan dalam peningkatan volume penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7812
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.49Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.84Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.01Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.20Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.54Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 81.38Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.98Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 93.78Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.16Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record