PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP LABA PER LEMBAR SAHAM (Penelitian Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP LABA PER LEMBAR SAHAM (Penelitian Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP LABA PER LEMBAR SAHAM (Penelitian Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Author: Rizaldi, Muhammad
Abstract: Perkembangan kehidupan manusia berdampak pada bertambahnya kebutuhan beserta pilihan-pilihan dalam memenuhi kebutuhan. Namun, manusia belum siap untuk menghadapi banyaknya pilihan itu, sehingga banyak dari mereka yang salah dalam mengambil pilihan atau sama sekali tidak mengambil pilihan yang mungkin akan membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan. Begitu pula yang dialami para pelaku dunia usaha. Perusahaan dihadapkan oleh pilihan dalam memilih strategi-strategi finansialnya, sementara para investor dihadapkan oleh pilihan-pilihan dalam menentukan target investasi. Kondisi yang dialami perusahaan pada hari ini tidak menjamin apa yang terjadi esok hari, laba per lembar saham pada tahun ini tidak menggambarkan laba per lembar saham pada tahun yang akan datang. Sehingga perusahaan dan para investor harus menganalisis perusahaan dengan lebih mendalam untuk mengetahui kualitas perusahaan, salah satunya adalah analisis terhadap struktur modal. Modal bisa didapatkan dari dalam perusahaan dan luar perusahaan, atau kombinasi dari keduanya. Kombinasi dari modal internal dan eksternal biasa disebut dengan struktur modal. Pemilihan sumber modal yang tepat serta penggunaan modal yang baik akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Kondisi perusahaan yang baik akan menarik investor untuk melakukan investasi pada perusahaan. Penelitian ini berjudul Pengaruh Struktur Modal Terhadap Laba Per Lembar Saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory dengan pendekatan sensus. Penulis akan meneliti seluruh populasi perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta selama tahun 2004 dan 2005. Dewasa ini industri makanan dan minuman sedang menggeliat, kondisi ini bisa dilihat dari ketatnya persaingan melalui ”perang promosi”, hal ini menarik penulis untuk melakukan pengamatan dan penelitian pada industri makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari struktur modal terhadap laba per lembar saham. Struktur modal merupakan variabel independen (X), sedangkan laba per lembar saham merupakan variabel dependen (Y). Data yang digunakan penulis adalah data sekunder berupa laporan keuangan, data tersebut akan diolah dan dianalisis secara statistik untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Dari hasil analisis regresi linear sederhana maka diperoleh persamaan , analisis korelasi pearson sebesar 0,0919, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.845% yang artinya struktur modal mempunyai pengaruh sebesar 0.845% terhadap laba per lembar saham dan sisanya sebesar 99.155% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. Pengujian statistik dengan menggunakan statistik uji t yang dilakukan dengan α = 0,05 dan df = n-2 menunjukkan bahwa nilai txY74.12237.513+=hitung = 0,8831 dan ttabel = 2,145 yang berarti thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa struktur modal mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap laba per lembar saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7807
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 85.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 34.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 90.45Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.07Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.32Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.30Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 28.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.96Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 164.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 134.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 139.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 418.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 84.92Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record