PERAN AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PERAN AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PERAN AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) Bandung)
Author: Naibaho, Meilan
Abstract: Auditor Internal yang independen dapat berfungsi untuk mengawasi jalannya perusahaan dengan memastikan bahwa perusahaan tersebut telah melakukan praktik-praktik dalam penerapan prinsip-prinsip GCG di dalam perusahaan yang meliputi: akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibility), keterbukaan (transparency), kewajaran (fairness) serta kemandirian (independency), merupakan upaya agar terciptanya keseimbangan antar kepentingan dari para stakeholders karyawan perusahaan, suppliers, pemerintah, konsumen yang merupakan indikator tercapainya keseimbangan kepentingan, sehingga benturan kepentingan yang terjadi dapat diarahkan dan dikontrol serta tidak menimbulkan kerugian pada masing-masing pihak. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan audit internal dalam upaya mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Pindad (Persero), Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis, dimana penulis melakukan penelitian dengan cara menganalisa masalah-masalah, berupa fakta-fakta, yang bertujuan untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi saat ini dari objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Audit Internal PT. Pindad (Persero) dapat dikatakan sangat tinggi. Peran audit internal pada PT. Pindad (Persero) dapat dikatakan sangat tinggi, dengan dilaksanakannya fokus pada standar impelemtasi, standar ini dibagi menjadi enam, yaitu ruang lingkup audit internal, program audit internal, laporan audit internal, tindak lanjut, independensi dan kompetensi. Upaya dalam mewujudkan Good Corporate governance di PT. Pindad (Persero) dapat dikatakan tinggi. Perwujudan Good Corporate Gocernance sudah terwujud dengan baik, kesimpulan ini diambil berdasarkan pelaksanaan transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, dan kewajaran dalam operasional perusahaan Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan Audit Internal dalam upaya mewujudkan Good Corporate Governance dikatakan kuat. Dari perhitungan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan yang signifikan audit internal dalam upaya mewujudkan Good Corporate Governance Pada PT. Pindad (Persero).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7806
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.18Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.62Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 240.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 323.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 411.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 297.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 187.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 159.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record