PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)
Author: Utomo, Juniyanto Tri
Abstract: Seiring dengan berkembangnya ilmu auditing, suatu perusahaan membutuhkan pemeriksaan yang berlanjut pada tahap khusus, tidak hanya pada pembukuan dan manajemen, tetapi juga audit dalam aktivitas operasional dari perusahaan tersebut. Audit operasional berperan dalam membantu manajemen terutama pimpinan perusahaan untuk mengawasi dan menilai kegiatan perusahaan apakah telah sesuai dengan standar yang ditetapkan dan berjalan secara efektif juga efisien dalam rangka mengendalikan kegiatan perusahaan. Penulis memilih objek penelitiannya yaitu Peranan Audit Operasional dalam Menunjang Efektivitas Proses Produksi pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company pada Bulan Januari 2008 sampai selesai. Dalam melakukan Audit Operasional, auditor wajib memiliki kualifikasi standar yaitu Independensi dan Kompetensi. Dalam pelaksanaannya, auditor harus membuat program audit dan melaksanakan prosedur audit seperti tahap pendahuluan, tahap pemeriksaan, tahap audit mendalam, serta membuat laporan hasil audit. Apabila dalam audit ditemukan hal-hal yang menyimpang dari standar, auditor melaporkan temuan-temuan tersebut kepada manajemen dan memberikan rekomendasi dan saran untuk tindakan perbaikan dan tindak lanjut. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan studi kasus dengan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang berusaha menyimpulkan, menyajikan, serta menganalisa data sehingga dapat menarik gambaran yang jelas mengenai objek yang akan diteliti dan menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Untuk memperoleh data informasi yang diperlukan, penulis melakukan pengamatan, wawancara dengan pihak terkait, dan mengajukan kuesioner. Data dan informasi tersebut dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan Audit Operasional pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company telah efektif sehingga berperan dalam menunjang efektivitas proses produksi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mendapatkan hasil bahwa peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas proses produksi adalah sebesar 90,63%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka penulis menarik kesimpulan bahwa audit operasional sangat berperan dalam menunjang efektivitas proses produksi pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company. Saran dari penulis untuk dapat lebih meningkatkan lagi efektivitas proses produksi adalah dengan adanya pelatihan-pelatihan bagi karyawan dalam bidang kemampuan (skill) produksi, riset-riset baru mengenai plant lay-out, pemanfaatan kapasitas mesin dan lain-lain dari pihak auditor dalam menemukan proses produksi yang lebih efektif. Penulis juga menyarankan untuk memberikan pengetahuan dalam bidang manajemen kepada karyawan sehingga dapat tercipta suasana kerja sama yang kondusif antara karyawan dengan auditor dalam rangka peningkatan efektivitas proses produksi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7805
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 252.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 111.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 131.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 95.25Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 124.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 94.95Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 178.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 246.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 263.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 291.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 99.29Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 153.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record