PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Survei Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011)

No Thumbnail Available
Date
2013
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility merupakan aktivitas perusahaan dalam mencapai keseimbangan atau integrasi antara aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial tanpa mengesampingkan ekspektasi para pemegang saham (menghasilkan profit). Dalam penelitian ini nilai perusahaan diukur dengan rasio tobins’q. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang listing pada tahun 2010 dan 2011 dan menerbitkan annual report pada tahun 2010 dan tahun 2011 di website www.idx.co.id atau di website masing-masing perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 50 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode studi pustaka. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa pengungkapan CSR mempunyai arah yang positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi CSR memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, dan memiliki pengaruh signifikan yang terlihat dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa hipotesis nol tidak dapat diterima dan hipotesis alternatif diterima dengan bunyi, “Pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan”.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Tobins’q, CSRI
Citation