EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kabupaten Garut)
Author: Ihsan, Asy Mohamad
Abstract: Teknologi informasi yang ada atau belum mampu dimanfaatkan secara maksimal maka implementasi teknologi menjadi sia-sia dan semakin mahal. Kendala penerapan teknologi informasi antara lain berkaitan dengan kondisi perangkat keras, perangkat lunak yang digunakan, pemutakhiran data, kondisi sumberdaya manusia yang ada, dan keterbatasan dana. Fenomena yang terjadi pada pelaporan keuangan pemerintah pada kenyataannya masih banyak disajikan data-data yang tidak sesuai. Temuan Badan Pemeriksa Keuangan masih banyak penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam laporan keauangan di daerah. Penelitian berjudul Efektivitas Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penerapan standar akuntansi pemerintahan, untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan untuk mengetahui efektivitas penerapan standar akuntansi pemerintahan dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan pelaporan keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan penerapan standar akuntansi pemerintahan pada Pemda Kabupaten Garut sudah berjalan dengan efektif, walaupun masih terdapat faktor-faktor yang perlu ditingkatkan yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Keterandalan laporan keuangan pada Pemda Kabupaten Garut sudah dapat diandalkan walaupun masih terdapat faktor-faktor yang perlu ditingkatkan yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Efektivitas penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh terhadap keterandalan pelaporan keuangan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dan hipotesis yang menunjukkan hipotesis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7780
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 62.13Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.017Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 184.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 54.48Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 113.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.19Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 219.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 319.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.031Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 404.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 162.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record