PENGARUH PENGAWASAN KINERJA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survey pada Dinas Pemerintah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGAWASAN KINERJA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survey pada Dinas Pemerintah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGAWASAN KINERJA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survey pada Dinas Pemerintah Kota Bandung)
Author: Utari, Sari Dewi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan kinerja dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Dinas Pemerintah Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya laporan keuangan Pemerintah Kota Bandung yang mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 17 Dinas Pemerintah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan data primer dan metode penarikan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Uji analisis regresi yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial pengawasan kinerja berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Secara simultan pengawasan kinerja dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Besar kontribusi pengaruh yang diberikan pengawasan kinerja dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 51,6%, artinya pengawasan kinerja dan sistem pengendalian internal pemerintah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sisanya sebesar 48,4% adalah variabel independen lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7776
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 79.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 709.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 175.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 49.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 269.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 385.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 492.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 701.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 115.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 129.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record