PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KODE ETIK AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada Divisi Satuan Pengawasan Internal di Tiga Perusahaan BUMN di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KODE ETIK AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada Divisi Satuan Pengawasan Internal di Tiga Perusahaan BUMN di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KODE ETIK AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada Divisi Satuan Pengawasan Internal di Tiga Perusahaan BUMN di Kota Bandung)
Author: Tjahyadi, Reni
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip kode etik auditor internal, bagaimana kualitas hasil audit internal, dan pengaruh penerapan prinsip-prinsip kode etik auditor internal terhadap kualitas hasil audit internal. Penelitian ini dilakukan pada divisi Satuan Pengawasan Internal di tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara di Kota Bandung. Variabel independen dalam penelitian ini adalah prinsip-prinsip kode etik auditor internal, sedangkan variabel dependen adalah kualitas hasil audit internal. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal di tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara di Kota Bandung, yang terdiri dari PT. Pos Indonesia (Persero), PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dan PT. Dirgantara Indonesia (Persero). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Total jumlah kuesioner yang dibagikan 41 eksemplar, dari jumlah tersebut kuesioner kembali 32 eksemplar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana pada tingkat signifikansi 5%. Penggunaan program untuk memproses data menggunakan Statistical Package for Sosial Science (SPSS) Ver 20.00. Penerapan prinsip-prinsip kode etik auditor internal memiliki skor rata-rata 4,63 yang termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan kualitas hasil audit internal memiliki skor rata-rata 4,50 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa prinsip-prinsip kode etik auditor internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit internal. Pengaruh prinsip-prinsip kode etik auditor internal dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kualitas hasil audit internal sebesar 35,70%. Dengan demikian, semakin tinggi penerapan prinsip-prinsip kode etik auditor internal, maka akan semakin meningkatkan kualitas hasil audit internal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7763
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 134.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1010.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 334.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 270.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 318.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 270.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 211.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 214.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 397.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 532.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 799.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 866.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 318.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 293.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record