ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) (STUDI KASUS PADA CV.SURYA)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) (STUDI KASUS PADA CV.SURYA)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) (STUDI KASUS PADA CV.SURYA)
Author: Baiquni, Idham
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis volume bahan baku kain katun optimal yang dibutuhkan oleh CV.Surya pada tahun 2013, menganalisis total biaya persediaan bahan baku kain yang harus dikeluarkan CV.Surya untuk periode tahun 2013, menganalisis kapan akan dilakukan pemesanan kembali (reorder point) bahan baku kain katun oleh CV.Surya untuk periode tahun 2013, menganalisis jumlah persediaan pengaman (safety stock) kain yang harus disediakan oleh CV.Surya untuk periode tahun 2013, menganalisis pengendalian persediaan bahan baku kain pada konveksi dengan menggunakan metode EOQ (studi kasus pada CV.Surya) Pengumpulan data dilakukan mulai dari bulan Mei 2015-September 2015. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang langsung dikumpulkan dari perusahaan, sedangkan data sekunder merupakan data yang telah tersusun dalam bentuk dokumen tertulis yang diperoleh dari perusahaan, literature terdahulu maupun dari internet. Metode analisis yang digunakan adalah metode “Economic Order Quantity” yaitu untuk mengetahui kuantitas pemesanan dan pembelian optimal dengan tujuan meminimalkan biaya persediaan yang terdiri dari biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelian bahan baku kain yang optimal menurut metode Economic Order Quantity selama periode tahun 2013 untuk setiap kali pesan lebih besar daripada yang dilakukan perusahaan. Pembelian bahan baku optimal yang harus dilakukan perusahaan pada tahun 2013 adalah sebesar 5.581,58 meter dengan frekuensi pemesanan yang harus dilakukan adalah sebanyak 3 kali. Kuantitas persediaan pengaman (safety stock) yang harus tersedia digudang adalah sebesar 180,378 meter dan titik pemesanan kembali (reorder point) menurut Economic Order Quantity yaitu pada saat persediaan digudang tinggal 254,798 meter. Total biaya persediaan untuk proses produksi yang dikeluarkan CV.Surya menurut metode Economic Order Quantity lebih kecil disbandingkan total biaya persediaan yang dilakukan oleh perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7750
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.37Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 112.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.96Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 193.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.48Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.85Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 354.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 117.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 93.94Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 174.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record