PENGARUH RASIO NON PERFORMING LOAN DAN CAPITAL ADEQUACYRATIOTERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Survei Pada Perusahaan Perbankanyang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH RASIO NON PERFORMING LOAN DAN CAPITAL ADEQUACYRATIOTERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Survei Pada Perusahaan Perbankanyang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH RASIO NON PERFORMING LOAN DAN CAPITAL ADEQUACYRATIOTERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Survei Pada Perusahaan Perbankanyang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Feizal, Dylan Nurul
Abstract: Rasio NPL dan rasio CAR merupakan dua indikator penting dalam menilai kesehatan sebuah bank. Apabila tingkat NPL yang dimiliki oleh suatu bank semakin meningkat maka akan mengakibatkan tersendatnya penyaluran kredit. Banyaknya kredit bermasalah menyebabkan terkikisnya permodalan bank yang dapat dilihat dari angka CAR. Semakin baik nilai rasio NPL dan rasio CAR yang dimiliki bank, maka kemampuan bank dalam mengelola modal dengan menyalurkan kredit semakin baik dan berakibat kemampuan bank dalam menghasilkan laba baik. Pertumbuhan Return On Asset (ROA) pada perusahaan perbankan periode 2010 – 2014 menunjukan bahwa pertumbuhan ROA sudah sesuai dengan ketentuan peraturan dari Bank Indonesia yaitu minimal 1,5%. Namun ada juga beberapa perbankan yang pertumbuhan ROA tidak sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Trend ditahun 2014 terlihat meningkat namun di tahun setelahnya (2015) trend profitabilitas perbankan kembali mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas bank, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan survey dimana populasi diambil dari bank-bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Data yang diperlukan berupa data kuantitatif, yaitu laporan keuangan dua puluh tiga bank sampel dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh antara Non Performing Loan (NPL) (X1) terhadap Profitabilitas (Y) pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014 dan tidak terdapat pengaruh antara Capital Adequacy Ratio (CAR) (X2) terhadap Profitabilitas (Y) pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Secara simultan Non Performing Loan (NPL) (X1), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) (X2) berpengaruh terhadap Profitabilitas (Y) pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7748
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 141.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 989.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 75.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 88.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 44.44Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.25Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.57Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.13Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 345.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 612.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 456.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 587.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 116.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 82.65Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record