PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Survei pada Dinas Perhubungan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pemakaman dan Pertamanan, dan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Pemerintah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Survei pada Dinas Perhubungan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pemakaman dan Pertamanan, dan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Pemerintah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Survei pada Dinas Perhubungan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pemakaman dan Pertamanan, dan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Pemerintah Kota Bandung)
Author: Prihadwi, Menka
Abstract: Pemerintah daerah merupakan organ yang krusial, pemerintah daerah terdiri dari berbagai lembaga yang dikenal dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Dinas. Pemberian otonomi daerah yang luas berupa sistem desentralisasi, memberikan jalan bagi pemerintah untuk melakukan pembaharuan dalam pengelolaan keuangan daerah dan anggaran daerah. dalam hal penyerapan anggaran dari APBD kota bandung untuk pengadaan 150 cctv di Kota Bandung tahun 2015 sampai saat ini belum juga terealisasikan atau tidak mencapai target anggaran. Kondisi tersebut menunjukan bahwa prestasi kinerja keuangan Dinas terkait tidak terlalu bagus, dikarenakan tidak sepenuhnya aktifitas yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan. Partisipasi dalam penyusunan anggaran salah satu prosedurnya adalah dengan menggunakan metode partisipatif, yaitu dengan melibatkan masing-masing SKPD/Dinas untuk mengajukan anggaran, mempersiapkan anggaran dan melaksanakan penyusunan anggaran. Sedangkan sistem akuntansi keuangan daerah merupakan serangkaian metode dan prosedur untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan yang disediakan bagi suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kota bandung. Kuesioner disampaikan kepada 42 pegawai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Bandung yang bekerja di bagian akuntansi/keuangan. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan program spss versi 20.0. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara partisipasi anggaran dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Secara parsial partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah begitu juga dengan sistem akuntansi keuangan daerah yang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7734
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.76Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 997.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 135.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 213.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 238.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 175.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 181.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 422.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 537.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 560.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 168.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 99.70Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record