EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK HIBURAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kota Bandung)

Widyatama Repository

EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK HIBURAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kota Bandung)

Show full item record

Title: EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK HIBURAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kota Bandung)
Author: Sudrajat, Andi Ramadhani
Abstract: Penelitian berjudul Efektivitas Pemungutan Pajak Hiburan Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, penelitian dilakukan pada Dinas Pendapatan Kota Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui rencana pemungutan pajak hiburan di Kota Bandung tahun 2009-2013, untuk mengetahui pelaksanaan pemungutan pajak pajak hiburan Kota Bandung dan untuk mengetahui efektivitas pemungutan pajak hiburan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan dokumen instansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pemungutan pajak hiburan di Kota Bandung tahun 2009-2013 sudah dilaksanakan dengan memadai melalui Perwal No. 303 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Bandung Perwal No. 388 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Hiburan dalam pemungutan pajak. Dalam pajak hiburan yang dimaksud dengan subjek pajak adalah orang pribadi atau badan yang menonton dan atau menikmati hiburan. Sedangkan wajib pajak adalah orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan hiburan. Dengan demikian, subjek pajak dan wajib pajak tentu berbeda peranan hak maupun kewenangan. Pelaksanaan pemungutan pajak hiburan Kota Bandung tahun 2009-2013 dilakukan dengan sistem Official Assestment System dan Self Assestment System. Pemungutan pajak hiburan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung sudah dilaksanakan dengan baik, kontribusi pajak hiburan memiliki hubungan yang sangat kuat dengan pendapatan asli daerah. Hasil uji statistik menunjukkan hipotesis diterima hal ini karena nilai thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian pajak hiburan kota Bandung memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7720
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.35Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 98.87Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.51Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.10Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 102.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.62Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 34.80Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 75.73Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 78.61Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 112.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.23Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record