USULAN PENILAIAN PEMASOK T-SHIRT DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS DI Ima BEVST

Widyatama Repository

USULAN PENILAIAN PEMASOK T-SHIRT DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS DI Ima BEVST

Show full item record

Title: USULAN PENILAIAN PEMASOK T-SHIRT DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS DI Ima BEVST
Author: Syahbana, Irfan Ali
Abstract: Ima BEVST adalah perusahaan yang bergerak di bidang fashion yang menyediakan T-Shirt, Jaket, Topi, dan lain – lain. Perusahaan ini memiliki karakteristik pada kualitas produk atau disebut kualitas premium. Perusahaan harus memilih calon pemasok yang dapat memenuhi permintaan perusahaan untuk memiliki produk yang berkualitas tinggi. Selain itu, perusahaan memiliki beberapa masalah dalam pemasok sebelumnya seperti terlambatnya waktu pengerjaan, kurang baiknya sikap, buruknya komunikasi, dan lain – lain. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan melakukan penilaian pada pemasok yang pernah bekerja sama dengan perusahaan untuk membuat suatu keputusan agar dapat memilih pemasok terbaik bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu keputusan terbaik untuk memilih pemasok dan membandingkan pemasok tersebut berdasarkan kriteria – kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution). Kekurangan dari metode AHP adalah nilai bobot tidak bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan perangkingan, sedangankan metode TOPSIS dapat melakukan perangkingan namun dibutuhkan bobot dari perhitungan metode lain, contohnya AHP. Berdasarkan hal tersebut kedua metode dinilai kompatibel dengan kasus penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan dengan kedua metode tersebut didapatkan nilai masing – masing bobot pemasok. Berdasarkan perhitungan metode AHP diketahui Pemasok A memiliki bobot sebesar 0,57010, Pemasok B memiliki bobot sebesar 0,16690, Pemasok C memiliki bobot sebesar 0,07353, dan Pemasok D memiliki bobot sebesar 0,18946. Lalu dilakukan perangkingan dengan metode TOPSIS dengan urutan hasil bobot 1. Pemasok A = 0,89708, 2. Pemasok D = 0,23436, 3. Pemasok B = 0,19248, 4. Pemasok C = 0,07394. Berdasarkan hasil perhitungan dari kedua metode tersebut disarankan perusahaan Ima BEVST memilih Pemasok A sebagai Calon Pemasok pada perusahaan tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7690
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.05Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 525.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 207.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 286.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 215.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 310.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 266.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1.298Mb PDF View/Open
Bab 3.pdf 214.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 772.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 224.0Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 201.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 397.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record