ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMSI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE- STRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM) (Studi Kasus Sektor Rumah Tangga)

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMSI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE- STRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM) (Studi Kasus Sektor Rumah Tangga)

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMSI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE- STRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM) (Studi Kasus Sektor Rumah Tangga)
Author: Rusliwando, Ferry Shandria
Abstract: Selama beberapa dekade, Indonesia menjadi sangat tergantung pada bahan bakar fosil terutama untuk kebutuhan industri dan tenaga listrik. Hal ini mengakibatkan sumber daya alam menipis dan meningkatkan emisi gas rumah kaca. Indonesia mengalami peningkatan konsumsi listrik yang cukup signifikan selama 5 tahun terakhir. Sektor yang paling besar dalam mengkonsumsi energi listrik yaitu sektor rumah tangga, diikuti dengan sektor industri, bisnis, dan lain-lain. Sehingga, apabila tidak diatasi sejak dini, maka akan menimbulkan masalah ketersediaan listrik di masa yang akan datang yang dapat mengakibatkan pada krisis energi listrik. Khususnya untuk Kota Bandung, yang merupakan kota tujuan pendidikan, yang mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk tiap tahunnya terutama di kalangan pelajar, yang menyebabkan peningkatan konsumsi listrik tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku penghuni dalam menggunakan peralatan listrik rumah tangga yang akan berdampak kepada naik atau turunnya konsumsi listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis multivariate koefisien jalur. Metode ini dipilih karena permasalahan konsumsi listrik sektor rumah tangga merupakan permasalahan yang kompleks. Dengan menggunakan metode ini, maka dapat diukur faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan konsumsi listrik sektor rumah tangga setiap tahunnya dan seberapa kuat faktor-faktor tersebut saling mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan koefisien jalur arah berlawanan yaitu dari variabel pendapatan ke variabel perilaku penghuni. Hal ini menjelaskan bahwa semakin rendah tingkat pendapatan maka semakin tidak hemat energi perilaku penghuninya. Sedangkan untuk faktor lain yaitu kesadaran, keputusan membeli peralatan listrik, karakteristik keluarga, dan durasi di rumah memiliki arah hubungan yang searah. Berdasarkan hasil pengolahan data, menunjukan bahwa faktor yang memberikan dampak paling signifikan terhadap faktor perilaku penghuni adalah faktor kesadaran. Indikator yang paling merefleksikan faktor kesadaran yaitu cara penggunaan peralatan listrik yang benar. Seperti, konsumsi listrik kulkas akan meningkat apabila sering dibuka tutup, charger yang tetap terpasang meskipun sedang tidak dilakukan pengisian baterai dan lain-lain. Dengan mengendalikan hal-hal tersebut, maka masyarakat dapat melakukan pemberdayaan listrik, karena walaupun sedikit berpengaruh terhadap konsumsi listrik rumah tangga namun akan berpengaruh besar terhadap konsumsi listrik nasional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7683
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.59Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 118.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.52Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 73.05Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 114.0Kb PDF View/Open
Daftar Istilah.pdf 23.90Kb PDF View/Open
Daftar Singkatan.pdf 26.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.67Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.61Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 283.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 566.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 257.9Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 76.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.52Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record