PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS INDUSTRI KREATIF (Studi Survey pada SAS Advertising Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS INDUSTRI KREATIF (Studi Survey pada SAS Advertising Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS INDUSTRI KREATIF (Studi Survey pada SAS Advertising Bandung)
Author: Mulyani, Sri
Abstract: Perusahaan agar menang dalam suatu persaingan maka dalam memasarkan produk saat ini produsen tidak hanya berdasarkan pada kualitas produk saja, tetapi juga tergantung dari strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Terkait dengan itu ada dua strategi yang umumnya digunakan perusahaan yaitu orientasi pasar dan inovasi. Orientasi pasar merupakan budaya perusahaan yang bisa membawa pada meningkatnya kinerja pemasaran. Sedangkan inovasi merupakan salah satu yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing bagi perusahaan. Tingginya tingkat persaingan yang ada tidak hanya dirasakan oleh perusahaan-perusahaan besar tetapi juga dialami oleh perusahaan menengah di Indonesia seperti Usaha Kecil dan Menengah. Kemajuan Usaha Kecil dan Menengah sepenuhnya tergantung dari kemampuan perusahaan untuk menciptakan dan menumbuhkan daya saing yang dapat menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh orientasi pasar dan Inovasi pada UKM berbasis industri kreatif pada SAS Advertising Bandung baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan studi survey dimana populasi diambil dari UKM berbasis industri kreatif pada SAS Advertising Bandung, dengan menggunakan teknik Probability Sampling dalam pengambilan sampel. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan, hasil perhitungan koefisien korelasi berganda (R) Orientasi pasar (X1), dan Inovasi (X2) memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan Kinerja UKM Berbasis Industri Kreatif (Variabel Y). Hasil koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Orientasi Pasar (Variabel X1), dan Inovasi (Variabel X2) terhadap Kinerja UKM Berbasis Industri Kreatif. Secara parsial, hasil penelitian menunjukan bahwa Orientasi Pasar memiliki pengaruh terhadap Kinerja UKM Berbasis Industri Kreatif pada SAS Advertising Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi secara parsial memiliki pengaruh terhadap Kinerja UKM Berbasis Industri Kreatif pada SAS Advertising Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7664
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 149.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 117.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.37Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 118.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.72Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.40Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.73Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.65Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 138.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 130.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 343.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record