ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus pada CV. Putra Gemilang)

Widyatama Repository

ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus pada CV. Putra Gemilang)

Show full item record

Title: ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus pada CV. Putra Gemilang)
Author: Ramdhani, Rizki
Abstract: Era globalisasi menyebabkan tingkat persaingan pada dunia usaha menjadi semakin meningkat juga membuat tuntutan klien pada penyedia jasa konstruksi yang semakin meningkat. Perusahaan sebagai sistem yang juga menjalankan akitivtas produksi tentu saja membutuhkan bahan baku yang didatangkan dari Supplier. Pemilihan supplier yang tepat dapat menurunkan biaya pembelian dan meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memilih supplier kualitas terbaik bagi perusahaan CV. Putra Gemilang. Salah satu metode yang digunakan dalam pemilihan supplier adalah dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan penggunaan kriterianya berdasarkan Vendor Performance Indikator (VPI) yaitu Kriteria Harga dengan subkriterianya Diskon, Proses Pembayaran, Harga Bersaing. Kemudian kriteria Kualitas dengan subkriterianya Standar dan Spesifikasi Produk, Kondisi Packing. Selanjutnya kriteria Ketepatan Pengiriman dengan subkriterianya Ketepatan Waktu Pengiriman dan Ketepatan Quantitas Bahan Baku yang dikirim, dan yang terakhir Kepuasan Pelanggan dengan subkriterianya Informasi Produk, Respon Kepada Konsumen, dan Retur Penjualan. Semua kriteria tersebut diterapkan pada 3 Supplier saat ini. Hasil menunjukan bahwa Supplier Sarana Baja memiliki peringkat tertinggi yaitu (0,420), kemudian peringkat ke-2 Toko BM dengan nilai akhir (0,292) dan peringkat ke-3 Mega Baja dengan nilai akhir (0,288).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7644
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 112.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 474.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.22Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 206.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 122.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 125.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 242.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 574.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 253.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 687.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 222.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 144.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record