PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Konsumen Taksi Blue Bird Reguler Di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Konsumen Taksi Blue Bird Reguler Di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Konsumen Taksi Blue Bird Reguler Di Kota Bandung)
Author: Rachmansyah, Rifqy Reza
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan bisnis jasa transportasi dewasa ini semakin tinggi, tidak terkecuali dengan bisni jasa transportasi taksi di Kota Bandung. Blue Bird merupakan salah satu penyedia jasa transportasi. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas pelanggan terhadap jasa taksi Blue Bird Reguler di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, kualitas pelayanan (X1), kepuasan pelanggan (X2), terhadap loyalitas pelanggan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 125 orang responden konsumen taksi Blue Bird Reguler di Kota Bandung dengan mengunakan metode non probability sampling. Kemudian dilakukan analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji Goodness of Fit dengan uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,017 + 0.122 X1+ 0,351 X2 Hasil analisis mendapatkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan searah terhadap loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan yang diteliti terbukti tidak ada pengaruh signifikan secara parsial (secara individu) terhadap variabel loyalitas pelanggan dan variabel kepuasan pelanggan yang diteliti terbukti ada pengaruh signifikan secara pasrsial (secara individu) terhadap variabel loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui ada pengaruh secara simultan dari kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada taksi Blue Bird Reguler. Nilai R square yang diperoleh sebesar 0,178. Hal ini berarti 17,8% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, sedangkan sisanya yaitu 82,2% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7639
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 182.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 819.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 206.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 293.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 138.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 252.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 700.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 778.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 969.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 281.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record