PENGARUH SUKUK EQUITY RATIO DAN RATING PENERBITAN SUKUK TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menebitkan Sukuk dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Widyatama Repository

PENGARUH SUKUK EQUITY RATIO DAN RATING PENERBITAN SUKUK TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menebitkan Sukuk dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Show full item record

Title: PENGARUH SUKUK EQUITY RATIO DAN RATING PENERBITAN SUKUK TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menebitkan Sukuk dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)
Author: Kuncoro, Rahmadi Suryo
Abstract: Munculnya informasi pengumuman penerbitan sukuk dapat diartikan secara positif maupun negatif oleh investor. Informasi penerbitan sukuk bernilai positif apabila memuat informasi yang bermakna good news bagi investor. Baik informasi positif maupun negatif yang muncul ketika adanya penerbitan sukuk, maka akan berdampak pada return saham perusahaan. Jika investor memandang berita penerbitan sukuk sebagai suatu hal yang positif, maka return saham perusahaan akan mengalami kenaikan seiring naiknya harga saham perusahaan. Sebaliknya, jika investor memandang negatif peristiwa penerbitan sukuk, maka return saham perusahaan akan mengalami penurunan seiring menurunnya harga saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sukuk Equity Ratio dan rating penerbitan sukuk terhadap return saham secara parsial dan bersama pada perusahaan-perusahaan yang menerbitkan sukuk dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Variabel Sukuk to Equity Ratio dihitung dengan membandingkan nilai nominal penerbitan sukuk dan total ekuitas. Variabel rating penerbitan sukuk diambil dari daftar rating yang dikeluarkan oleh PT Pefindo. Sedangkan variabel return saham diwakili oleh abnormal return. Jenis penelitian ini menggunakan studi kepustakaan sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan dengan total 13 penerbitan sukuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Sukuk Equity Ratio dan rating penerbitan sukuk berpengaruh negatif terhadap return saham perusahaan baik secara bersama maupun parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama penelitian tersebut menunjukkan keeratan hubungan yang sedang dan tidak berpengaruh secara signifikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7629
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 111.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 955.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 198.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 121.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 268.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 734.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 613.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 597.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 211.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 249.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record