PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SCREAMOUS CLOTHING DI BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SCREAMOUS CLOTHING DI BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SCREAMOUS CLOTHING DI BANDUNG
Author: Andryani, Nabilla
Abstract: “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen Screamous Clothing di Bandung”, Program Studi Manajemen S1, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Widyatama, Bandung, dibawah bimbingan Bapak Zulganef, Dr., Drs., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen atas kualitas pelayanan dan brand image terhadap loyalitas konsumen Screamous Clothing di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory. Alasan mengunakan metode ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara ketiga variabel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Definisi pemasaran menurut Kotler dan Kelller (2009:38) adalah pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode explanatory. Metode explanatory yaitu penelitian yang bertujuan menelaah kausalitas antar variabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu (Zulganef 2008:11). Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi harapan pelanggan (Lovelock dalam Tjiptono 2004: 59) Pengertian brand image menurut Keller (Ferrindadewi, 2009:165) : “Brand image adalah persepsi tentang brand yang merupakan refleksi memori konsumen akan asosiasinya pada brand tersebut.” Definisi loyalitas menurut Griffin (2007:274) adalah perilaku pembelian yang didefinisikan sebagai pembelian nonrandom yang diungkapkan dari waktu ke waktu oleh beberapa unit pengambilan keputusan Screamous merupakan perusahaan retail pakaian yang resmi dimulai pada 29 Mei 2004 dengan harapan besar untuk memberikan pilihan yang luar biasa dalam industri fashion. Komplain meningkat penjualan juga meningkat hal ini menunjukan kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas. Hal ini sesuai dengan penelitian Welch dalam Gunawan (2011:32) menyatakan bahwa kualitas layanan merupakan jaminan terbaik untuk menciptakan dan mempertahankan kesetiaan konsumen dan benteng pertahanan dalam menghadapi persaingan global. Berdasarkan hasil penelitian tanggapan konsumen mengenai kualitas pelayanan Screamous Clothing memiliki nilai rata-rata 3,75 (baik). Tanggapan konsumen mengenai brand image Screamous Clothing memiliki nilai rata-rata 3,76 (baik). Dikatakan baik karena semua hasil tiap variabel berada pada interval 3,40-4,19. Tanggapan konsumen mengenai loyalitas konsumen Screamous Clothing memiliki nilai rata-rata 3,80 (baik). Dikatakan baik karena nilai rata-rata berada pada interval 3,40-4,19. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dimana uji-t diperoleh 2,249. Brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kosumen, dimana uji t diperoleh 8,424. Teknik Pengumpulan data uadipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan metode observasi. Maka H1menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Screamous Clothing dapat diterima dengan pertimbangan thitung = 2.249 > ttabel = 1,65259 dan signifikan dengan p < 0,05. H2 menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap loyalitas konsumen Screamous Clothing dapat diterima dengan pertimbangan thitung = 8.424> ttabel = 1,65259 dan signifikan dengan p < 0,05.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7613
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 62.21Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 747.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 158.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 99.45Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.96Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.13Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.57Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 335.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 289.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.129Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 352.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 153.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 107.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record