PENGARUH BURNOUT DAN JOB INSECURITY TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Terhadap Customer Service Pada Xl Center Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH BURNOUT DAN JOB INSECURITY TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Terhadap Customer Service Pada Xl Center Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH BURNOUT DAN JOB INSECURITY TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Terhadap Customer Service Pada Xl Center Bandung)
Author: Putra, Maulana Rizki
Abstract: XL menjadi salah satu perusahaan yang memelihara dan terus meningkatkan kepuasan kerja karyawan. XL percaya bahwa kinerja perusahaan yang baik ditopang oleh kinerja para karyawan yang berasal dari kepuasan kerja para karyawan itu sendiri. Namun, data XL Central Region mencatat terjadi turnover yang cukup tinggi pada customer service XL Center Bandung. Tingginya angka turnover pada customer service XL Center Bandung bisa menjadi indikasi ketidakpuasan kerja. Data pra-observasi menunjukkan ketidakpuasan kerja para customer service XL Center Bandung pada sistem jenjang karir, beban kerja, dan status kerja mereka sebagai karyawan outsourching. Indikasi ketidakpuasan kerja pada beban kerja diidentifikasikan sebagai variabel burnout, sedangkan ketidakpuasan kerja pada sistem jenjang karir dan status kerja diidentifikasikan sebagai variabel job insecurity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kedua variabel yang diduga mempengaruhi kepuasan kerja pada customer service XL Center Bandung. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dengan teknik survei dan metode verifikatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini nonprobability sampling. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel yang dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Artinya, seluruh customer service XL Center Bandung yang berjumlah 33 orang adalah sampel dari penelitian ini. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment antara burnout dan kepuasan kerja pada customer service XL Center Bandung diperoleh kesimpulan terdapat hubungan kuat dengan koefisien korelasi sebesar - 0,738. Sedangkan, hasil uji korelasi Pearson Product Moment antara job insecurity dan kepuasan kerja pada customer service XL Center Bandung diperoleh kesimpulan terdapat hubungan cukup kuat dengan koefisien korelasi sebesar - 0,537. Burnout dan job insecurity masing-masing memiliki korelasi negatif terhadap kepuasan kerja. Artinya, semakin tinggi tingkat burnout dan job insecurity maka tingkat kepuasan kerja semakin rendah dan sebaliknya semakin rendah tingkat burnout dan job insecurity maka tingkat kepuasan kerja semakin tinggi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7602
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 107.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 2.219Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 296.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 380.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 425.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 571.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 722.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 116.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record