PENGARUH KOMPETENSI PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI SANTOSA HOSPITAL BANDUNG CENTRAL (Studi Kasus Pada Departemen Rawat Inap)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI SANTOSA HOSPITAL BANDUNG CENTRAL (Studi Kasus Pada Departemen Rawat Inap)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI SANTOSA HOSPITAL BANDUNG CENTRAL (Studi Kasus Pada Departemen Rawat Inap)
Author: Destiani, Karlina
Abstract: Globalisasi memberikan tantangan terkait Manajemen Sumber Daya manusia (SDM). Setiap organisasi dituntut untuk memiliki SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga mampu menjadi energi bagi organisasi tersebut. Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini berlangsung dengan pesat, mulai dari bisnis kecil hingga besar, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Perkembangan bisnis dalam bidang jasa, khususnya Rumah Sakit saat ini marak didirikan, mulai dari klinik, rumah sakit khusus dan rumah sakit umum yang banyak didirikan oleh pihak swasta. Santosa Hospital Bandung Central merupakan salah satu rumah sakit di kota Bandung yang memperhatikan mutu rumah sakit. Hal ini terbukti dengan diraihnya sertifikat Joint Commission International Accreditation (JCI) oleh Santosa Hospital Bandung Central sebanyak dua kali berturut-turut. Pencapaian ini tidak mudah didapatkan oleh Santosa Hospital Bandung Central karena banyaknya komponen-komponen penilaian yang harus dapat dipenuhi oleh pihak rumah sakit, terutama komponen penilaian medis. Salah satunya adalah kompetensi perawat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis data deskriptif. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi perawat terhadap kepuasan pasien digunakan analisis korelasi Rank Spearman. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi perawat terhadap kepuasan pasien digunakan koefisien determinasi. Sedangkan untuk mengetahui signifikansi kompetensi perawat terhadap kepuasan pasien digunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian, koefesien korelasi antara kompetensi perawat (X) dengan kepuasan pasien (Y) sebesar 0,719. Nilai korelasinya bertanda positif. Ini berarti bahwa semakin meningkatnya kompetensi perawat maka kepuasan pasien akan semakin tinggi. Koefesien determinasi sebesar 51,7%. Ini berarti bahwa kompetensi perawat memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien, sedangkan sisanya sebesar 48,3% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan untuk uji hipotesis sebesar 5,560. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel (5,560 > 2,048) sehingga H0 ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi perawat terhadap kepuasan pasien di Santosa Hospital Bandung Central.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7593
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 51.59Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 339.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 148.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 278.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.74Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 320.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 284.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 576.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 583.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 101.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record