STUDI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BENANG PADA PROSES SPINNING DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KECACATAN PRODUK (Studi Kasus Pada PT. Apollo Utama Bandung)

Widyatama Repository

STUDI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BENANG PADA PROSES SPINNING DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KECACATAN PRODUK (Studi Kasus Pada PT. Apollo Utama Bandung)

Show full item record

Title: STUDI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BENANG PADA PROSES SPINNING DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KECACATAN PRODUK (Studi Kasus Pada PT. Apollo Utama Bandung)
Author: Gunawan, Intan Sawitri
Abstract: PT. Apollo Utama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil yang memproduksi berbagai jenis benang seperti Polyester, Cotton dan Rayon. Demi menjaga kepercayaan konsumen untuk menghasilkan produk yang berkualitas perusahaan melakukan pengendalian kualitas dengan cara inspeksi pada kualitas proses produksi dan produk jadi. Kenyataannya rata-rata tingkat kecacatan produk perusahaan diberbagai proses konveksi adalah sekitar 20%-24% pada periode bulan Februari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas menggunakan alat bantu Statistical Quality control (SQC) bermanfaat dalam upaya mengendalikan tingkat kecacatan produk di perusahaan, dengan mengetahui jenis produk cacat yang dominan dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Studi pengendalian kualitas dilakukan dengan menggunakan alat bantu Statistical Quality control (SQC) berupa diagram pareto, peta kendali u, dan diagram sebab akibat. Hasil dari diagram pareto menunjukan bahwa jenis cacat yang paling dominan adalah kecacatan nomor benang (Ne) yaitu sebesar 34% dan 64% disebabkan oleh cacat TPI (twist per inchi), U% (kerataan benang) dan kekuatan benang. Berdasarkan peta kendali u menunjukan bahwa masih ada sampel yang berada diluar batas kendali yaitu sampel hari ke-14, hari ke-19 dan hari ke-26. Dari diagram sebab akibat diketahui faktor penyebab kecacatan produk berasal dari bahan baku, mesin, manusia, metode dan lingkungan. Terlihat jelas bahan baku menjadi faktor utama penyebab terjadinya kecacatan produk sehingga dapat diajukan usulan dan solusi dengan cara memeriksa bahan baku yang diterima dari pemasok dengan lebih hati-hati dan teliti, bekerja sesuai dengan prosedur dan pengawasan yang ketat, kebersihan dan suhu ruangan pabrik diperhatikan, melakukan perawatan dan pengecekan mesin secara berkala dan menyeluruh.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7587
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 88.11Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 746.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 172.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 114.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 193.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 662.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 625.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 892.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 125.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 161.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record