PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMA X Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMA X Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMA X Kota Bandung)
Author: Nugraha, Indra
Abstract: Pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan suatu bangsa karena pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, khususnya pendidikan menengah sangat ditentukan oleh kinerja guru karena guru mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah pelatihan, karena pelatihan tersebut berguna untuk meningkatkan skill atau kemampuan yang dapat dihubungkan dengan peningkatan kinerja guru. Faktor lain yang juga memegang peranan penting dalam pelaksanaan kerja guru adalah motivasi karena motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk berperilaku ke arah tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dan kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA X Bandung yang berjumlah 39 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan persamaan regresi yang positif dan searah, artinya pelatihan dan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil pengujian hipotesis secara parsial untuk variabel pelatihan (X1) didapatkan thitung lebih besar dari ttabel dan untuk variabel motivasi (X2) didapatkan thitung lebih besar dari ttabel. Hasil pengujian secara simultan didapatkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel. Dari hasil Uji t dan Uji F tersebut menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara pelatihan dan motivasi terhadap kinerja guru di SMA X Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7584
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 113.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 730.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.36Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 140.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 38.58Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.58Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 337.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 318.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 404.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 801.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 213.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 313.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record