ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA OBLIGASI SYARIAH NEGARA DENGAN OBLIGASI KONVENSIONAL NEGARA PADA PERIODE 2008-2016 (Survey Pada Sukuk Ritel Indonesia, Surat Berharga Syariah Negara, Surat Perbendaharaan Negara, Obligasi Ritel Indonesia, dan Obligasi Negara Republik Indonesia)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA OBLIGASI SYARIAH NEGARA DENGAN OBLIGASI KONVENSIONAL NEGARA PADA PERIODE 2008-2016 (Survey Pada Sukuk Ritel Indonesia, Surat Berharga Syariah Negara, Surat Perbendaharaan Negara, Obligasi Ritel Indonesia, dan Obligasi Negara Republik Indonesia)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA OBLIGASI SYARIAH NEGARA DENGAN OBLIGASI KONVENSIONAL NEGARA PADA PERIODE 2008-2016 (Survey Pada Sukuk Ritel Indonesia, Surat Berharga Syariah Negara, Surat Perbendaharaan Negara, Obligasi Ritel Indonesia, dan Obligasi Negara Republik Indonesia)
Author: Ulumuddin SY, Ihya
Abstract: Investor dalam menginvestasikan dananya di satu intrumen investasi tentu memerlukan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah kinerja dan risiko instrument invetasi itu sendiri. Obligasi negara merupakan salah satu instrumen, investasi yang dianggap bebas risiko, sekarang ini obligasi negara berbasis syariah sedang menjadi primadona dikalangan para investor hal tersebut terjadi karena adanya stereotip yang mempercayai jika obligasi negara berbasis syariah mempunyai kinerja yang lebih baik dan risiko yang lebih rendah. Penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan kinerja obligasi syariah negara dengan obligasi konvensional negara berdasarkan yield to maturity, current yield, suku bunga rata-rata tahunan Bank Indonesia (BI rate) dan rating obligasi global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif komaparatif. Objek penelitian adalah sebanyak 5 (lima) jenis obligasi dengan 67 obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan library research, untuk mendapatkan data sekunder. Analisis jalur digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja dan risiko obligasi syariah negara dan obligasi konvensional negara berdasarkan yield to maturity, current yield, suku bunga rata-rata tahunan Bank Indonesia (BI rate) dan rating obligasi global tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Selama periode penelitian berlangsung yaitu 2008 – 2016 kita dapat menyimpulkan bahwa intrumen obligasi syariah negara secara keseluruhan memiliki kinerja yang lebih baik dan risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan obligasi konvensional negara.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7583
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 158.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 929.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 221.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 170.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar dan Grafik.pdf 118.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 176.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 309.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 734.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 481.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 771.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 238.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 255.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record