PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Fajar, Widhi Mochamad
Abstract: Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah merupakan suatu hal yang penting karena anggaran berbasis kinerja menurut Indra Bastian (2006:171) adalah sistem penganggaran yang berorientasi pada “output” organisasi yang berkaitan sangat erat dengan visi, misi dan rencana strategis organisasi. Pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung masih terdapat defisit anggaran dikarenakan belanja tidak langsung pegawai menandakan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah masih kurang baik. Faktor yang mempengaruhi baik buruknya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah adalah anggaran berbasis kinerja pada instansi pemerintah. Penelitian dilakukan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung dengan bagian akuntansi sebagai sampelnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai yang ada di bidang akuntansi sebanyak 30 orang dan seluruh kuesioner dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja berpengaruh positif sebesar 62,5% terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah sedangkan sisanya 37,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7525
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 83.70Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 159.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 312.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 121.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 250.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 325.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 520.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 476.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 125.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 180.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record