PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT SEBAGAI MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014)

Widyatama Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT SEBAGAI MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014)

Show full item record

Title: PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT SEBAGAI MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014)
Author: Wahyuni, Sri
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik komite audit sebagai mekanisme good coorporate governance yang diukur dengan keahlian anggota komite audit di bidang akuntansi dan/ keuangan, jumlah anggota komite audit, frekuensi rapat dan pertemuan anggota komite audit terhadap tingkat konservatisme akuntansi sebagai proksi dari kualitas laporan keuangan perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2014. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah karakteristik komite audit sebagai variabel independen dan tingkat konservatisme akuntansi sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2014 sebanyak 129 perusahaan. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive judgement sampling, dengan jumlah sampel yang terpilih sebanyak 32 perusahaan. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan metode regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel keahlian anggota komite audit di bidang akuntansi dan/ keuangan, jumlah anggota komite audit, frekuensi rapat dan pertemuan anggota komite audit terhadap tingkat konservatisme akuntansi tidak berpengaruh signifikan baik parsial maupun simultan terhadap tingkat konservatisme akuntansi. Secara parsial variabel keahlian anggota komite audit di bidang akuntansi dan/keuangan, serta jumlah anggota komite audit menghasilkan arah pengaruh yang negatif, sedangakan variabel frekuensi rapat dan pertemuan anggota komite audit menghasilkan arah pengaruh yang positif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7514
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 85.32Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1012.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 140.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 155.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 184.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 454.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.178Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 446.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.36Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record