PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada 14 Dinas Kabupaten Karawang)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada 14 Dinas Kabupaten Karawang)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada 14 Dinas Kabupaten Karawang)
Author: Ningrum, Sekar Endah Puspa
Abstract: Otonomi daerah secara efektif mulai dilaksanakan pada tahun 2001. Dengan dilaksanakannya otonomi daerah, pemerintah daerah wajib memberikan laporan pertanggungjawaban kepada pemerintah pusat berupa laporan keuangan. Laporan keuangan yang diberikan kepada pemerintah pusat harus memenuhi standar dan karakteristik laporan keuangan sehingga menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Selain harus memenuhi standar dan karakteristik, faktor lain juga harus diperhatikan dalam penyusunan laporan keuangan, seperti: kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern pemerintah, kepatuhan terhadap perundang-undangan, kecukupan pengungkapan, dan lain-lain agar menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Fenomena yang terjadi di Kabupaten Karawang adalah kualitas laporan keuangan yang masih rendah, yaitu BPK memberikan opini WDP selama 3 tahun kepada Pemerintah Kabupaten Karawang atas pemeriksaan laporan keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan variabilitas sistem pengendalian intern pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia dalam menjelaskan variabilitas kualitas laporan keuangan pada 14 Dinas Kabupaten Karawang. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian intern pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia yang memadai sebagai variabel independen, sedangkan kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian keuangan pada 14 Dinas di Kabupaten Karawang. Sampel yang digunakan sebanyak 112 orang. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis data adalah Regresi Linier Berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan sistem pengendalian intern pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Peneliti memberikan saran agar meningkatkan penerapan sistem pengendalian intern pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia, agar laporan keuangan yang dihasilkan berkualitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7509
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.640Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 111.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.54Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 41.36Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.32Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.08Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 34.32Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 97.25Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 95.06Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 125.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 364.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.55Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 51.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record