PENGARUH AUDITOR INTERNAL DALAM PENERAPAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus PT Bio Farma)

Widyatama Repository

PENGARUH AUDITOR INTERNAL DALAM PENERAPAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus PT Bio Farma)

Show full item record

Title: PENGARUH AUDITOR INTERNAL DALAM PENERAPAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus PT Bio Farma)
Author: Sabdelino, Sachli
Abstract: Whistleblowing system adalah pengungkapan tindakan pelanggaran atau pengungkapan perbuatan yang melawan hukum, perbuatan tidak etis atau tidak bermoral atau perbuatan lain yang dapat merugikan organisasi maupun pemangku kepentingan. Fenomena yang terjadi di PT Bio Farma yaitu adanya kecurangan seperti pengadaan barang dan jasa, dan pengurusan sertifikat hak guna bangunan (HGB) sebagai bagian dalam mencegah kecurangan PT Bio Farma telah mengeluarkan kebijakan Whistleblowing System. Auditor Internal seharusnya berperan dalam pencegahan kecurangan atau berperan menjadi seorang whistleblower. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh auditor internal dalam penerapan whisteblowing system terhadap pencegahan kecurangan. Penelitian dilakukan di PT Bio Farma. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan bagian Satuan Pengawas Intern (SPI) sebanyak 28 orang dan seluruh kuesioner dapat diterima kembali untuk diolah. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara pengaruh auditor internal dalam penerapan whistleblowing system terhadap pencegahan kecurangan Besarnya pengaruh auditor internal dalam penerapan whistleblowing system terhadap pencegahan kecurangan sebesar 41.4%, sedangkan sisanya 58,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7506
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 61.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 851.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 174.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 152.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 226.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 356.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 651.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 608.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 207.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record