ANALISIS PERANAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DALAM PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Pada Inspektorat dan Dinas Kota Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PERANAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DALAM PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Pada Inspektorat dan Dinas Kota Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PERANAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DALAM PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Pada Inspektorat dan Dinas Kota Bandung)
Author: Firdaus, Robby
Abstract: Pelaksanaan AKIP difokuskan untuk meningkatkan mutu penerapan manajemen berbasis kinerja (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dan peningkatan kinerja instansi pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan instansi pemerintah yang berorientasi pada hasil. Berdasarkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) AKIP yang dilakukan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pada tahun 2012 Instansi Pemerintah Kota Bandung memperoleh skor 48,8 dengan predikat C, kemudian tahun 2013 dan 2014 memperoleh skor 50,31 dan 55,14 dengan predikat CC. Ini berarti belum mencerminkan akuntabilitas yang baik, karena perlu banyak perbaikan yang tidak mendasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme auditor internal, akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kota Bandung, dan peranan auditor internal dalam peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme auditor internal di Inspektorat kota Bandung dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di kota Bandung sangat baik jika dilihat dari indikator yang telah ditetapkan oleh penulis. Peranan audit dalam peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dihubungkan dengan kriteria yang telah penulis tentukan, dapat disimpulkan bahwa auditor internal pada Inspektorat Kota Bandung sangat berperan dalam peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Hal ini diperkuat dengan data hasil penelitian yang dilihat dari skor per dimensinya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7504
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 87.09Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 709.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 282.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 305.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 318.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 237.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 356.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 242.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record