PENGARUH SELF ASSESSMENT SYSTEM DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH SELF ASSESSMENT SYSTEM DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH SELF ASSESSMENT SYSTEM DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
Author: Hirzan, Rahadyan Fariz
Abstract: Kontribusi penerimaan pajak diharapkan meningkat dari tahun ke tahun. Dalam merealisasikan target penerimaan pajak faktor yang sangat penting adalah kepatuhan wajib pajak. Untuk mewujudkan hal tersebut maka Dirjen Pajak melakukan Reformasi Perpajakan. Reformasi Perpajakan di Indonesia telah dilakukan pertama kali pada tahun 1983 dimana saat itu terjadi reformasi atau perubahan sistem mendasar atas pengelolaan perpajakan Indonseia dari Official Assessment System ke Self Assessment System. Dalam pelaksanaannya, Self Assessment System memberikan kesempatan bagi wajib pajak untuk melakukan penyelundupan pajak. Oleh karena itu, agar pelaksanaannya dapat tertib, pemerintah telah menyiapkan rambu-rambu yang diatur dalam UU perpajakan yaitu dengan adanya sanksi perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self assessment system dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Karees. Penelitian ini menggunakan metode explanatori dengan berbentuk hubungan klausal (sebab akibat). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling yang berjumlah 100 responden. Analisis statistik yang digunakan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, koefisien korelasi product moment pearson, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh menunjukan bahwa Self Assessment System sudah baik, sanksi perpajakan cukup baik, dan kepatuhan wajib pajak sudah baik. Serta self assessmnet system dan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi dilihat dari Fhitung lebih besar dari Ftabel (158,505 > 3,195) maka H0 ditolak dan Ha diterima. dengan total kontribusi sebesar 76,6% sedangkan sisanya sebesar 23,4% merupakan kontribusi dari variabel lain diluar penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7498
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.82Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.91Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 39.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 48.98Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 36.09Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 32.11Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.72Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 63.15Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 123.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 144.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 319.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 46.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record