PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SALING KETERGANTUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk kab. Bandung Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SALING KETERGANTUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk kab. Bandung Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SALING KETERGANTUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk kab. Bandung Barat)
Author: Riskania, Ossa
Abstract: Pertumbuhan ekonomi dan implikasi globalisasi membuat semua jenis bidang usaha bersaing dengan ketat. Bagi perusahaan hal itu merupakan suatu tantangan agar dapat bertahan dan berkembang dalam lingkungan bisnis. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan efektivitas dalam operasi perusahaannya. Fenomena yang terjadi pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk adalah laba perusahaan yang dari tahun ke tahun terjadi penurunan. Laba usaha yang turun mencerminkan kinerja manajerial yang kurang baik. Oleh karena itu peran manajer sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelangsungan hidup perusahaan dalam setiap pengambilan keputusan sehingga kinerja manajerial akan tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknologi informasi dan saling ketergantugan berpengaruh terhadap kinerja manajerial melalui karakteristik sistem akuntansi manajemen pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah teknologi informasi dan saling ketergantungan sebagai variabel independen, Kinerja manajerial sebagai variabel dependen sedangkan karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen sebagai variabel antara atau penghubung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer di PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. Sampel pada penelitian ini adalah 50 manajer. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SmartPLS 2.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sistem akuntansi manajemen berpengaruh signifikan sebagai variabel antara dalam hubungan antara teknologi informasi, saling ketergantungan dan kinerja manajerial. Peneliti memberi saran agar para manajer lebih meningkatkan kualitas informasi yang akan berperan dalam pengambilan keputusan sehingga kinerja manajerial dan laba perusahaan akan meningkat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7495
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 52.02Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.025Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 209.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 98.92Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 98.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 241.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 273.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 718.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 877.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 193.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record