PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENGELOLAAN ASET TETAP DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENGELOLAAN ASET TETAP DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENGELOLAAN ASET TETAP DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kabupaten Garut)
Author: Lestari, Murni
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan pengelolaan aset tetap daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan pengelolaan aset tetap daerah sebagai variabel independen, dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan pada Dinas-dinas Kabupaten Garut yang berjumlah 19 Dinas. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 57 kuesioner dan diterima kembali sebanyak 55 kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dan program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver 20.00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa baik secara parsial dan simultan Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.Besarnya Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Pengelolaan Aset Tetap Daerah sebesar 62,6%. Sedangkan sisanya 37,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian. Saran untuk Pemerintah Kabupaten Garut diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM agar sistem akuntansi keuangan daerah lebih handal dan pengelolaan aset tetap daerah dapat dikelola dengan baik misalnya dengan cara memberikan diklat tentang akuntansi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7493
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 115.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 547.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 193.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 134.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 275.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 499.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 580.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 853.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 124.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 123.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record