PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010–2014)
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran
pengungkapan corporate social responsibility dan kinerja keuangan perusahaan,
serta seberapa besar pengaruh pengungkapan corporate social responsibility
terhadap kinerja keuangan perusahaan pada sektor industri otomotif yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Faktor-faktor yang diuji dalam
penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility sebagai
variabel independen. Sedangkan kinerja keuangan perusahaan yang diukur dari
rasio return on asset sebagai variabel dependen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor
industri otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014
sebanyak 12 perusahaan. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive
sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi data panel menggunakan Eviews 8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap
kinerja keuangan perusahaan yang diukur menggunakan return on asset pada
perusahaan manufaktur sektor industri otomotif yang terdaftar di BEI periode
2010-2014. Besar kontribusi pengaruh yang diberikan pengungkapan corporate
social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan adalah 47,9%.
Description
Keywords
Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan, Return On Asset, Corporate Social Responsibility Disclosure, Financial Performance