PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung)
Author: Darmawan, Lucky
Abstract: Akuntan memiliki peranan yang penting terhadap peningkatan good corporate governance. Salah satu aplikasi profesi akuntan dalam perusahaan adalah Auditor Internal, yang memiliki fungsi sebagai compliance auditor dan internal business consultant bagi perusahaan dituntut antara lain mampu memberikan nilai tambah untuk organisasinya dalam rangka mewujudkan good corporate governance. Salah satu persoalan yang paling mendasar yaitu aspek Good Corporate Governance (GCG) yang terabaikan serta penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang masih lemah, persoalan itu membuat PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sulit berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap penerapan good corporate governance. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa audit internal berpengaruh terhadap penerapan Good Corporate Governance. Untuk meningkatkan pengaruh audit dan penerapan Good Corporate Governance pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR), saran dari penelitian ini adalah Auditor internal harus memiliki sikap mental yang obyektif, tidak memihak dan menghindari kemungkinan timbulnya pertenangan kepentingan (conflict of interest). Objektivitas auditor internal tidak terpengaruh secara negatif ketika auditor merekomendasikan atau melakukan review terhadap prosedur tertentu dalam membuat penilaian secara objektif professional, sehingga good corporate governance dapat diterapkan lebih baik lagi. Untuk peneliti selanjutnya, menyarankan agar meneliti pada perusahaan lain dan menambahkan variabel-variabel terkait.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7489
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 159.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 99.30Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 92.19Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.06Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.12Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.34Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 185.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 424.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 478.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 650.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 237.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record