PENGARUH PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)
Author: Audia, Lina
Abstract: Pengawasan Fungsional merupakan suatu usaha dalam menjamin adanya suatu keselarasan antara penyelenggaraan tugas pemerintah dengan program serta tujuan yang telah di tetapkan. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kasus yang terjadi pada opini audit tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung. Dalam kasus tersebut menjelaskan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung masih mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengawasan Fungsional terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan explanatory dengan pendekatan survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer, dengan cara menyebarkan kuesioner kemudian menggunakan skala Likert. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan model analisis regresi linier sederhana. Hasil pengolahan diketahui bahwa variabel independen (Pengawasan Fungsional) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) dan nilai standardized coefficients Kulitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan sebesar 0,753 serta besarnya kontribusi Pengawasan Fungsional terhadap Kualitas Laporan Pemerintah Daerah yaitu sebesar 56,7%. Saran untuk Pemerintahan Kota Bandung diharapkan Pemerintah Daerah agar melakukan pendidikan dan pelatihan Permendagri No. 4 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Reviu LKPD dan meningkatkan kemampuan pegawai Inspektorat melalui pelatihan-pelatihan dalam melaksanakan reviu LKPD.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7488
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 166.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.093Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 224.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 194.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 279.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 526.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 843.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record