PENGARUH INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Kasus pada 12 Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Kasus pada 12 Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Kasus pada 12 Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung)
Author: Hernama, Jaka Mulya
Abstract: Seorang auditor independen adalah auditor profesional yang menyediakan jasanya kepada masyarakat umum dalam memberikan jasa assurance dan consulting, untuk menentukan kewajaran laporan keuangan telah bebas dari salah saji material dan disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan di indonesia. Seorang auditor dituntut untuk dapat bersikap independen sesuai dengan kenyataan dan tidak langsung mempercayai terhadap bukti yang diberikan oleh klien. Tujuan auditor independen adalah untuk memperoleh bukti kompeten yang cukup untuk memberikan basis yang memadai baginya dalam merumuskan suatu pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui independensi akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap opini audit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 Supervisor/Managing Patner (auditor) yang bekerja pada 12 kantor akuntan publik (KAP) di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling, dengan penggunaan metode sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil hipotesis dalam pengujian uji t diperoleh bahwa thitung = 8,328 lebih besar dari nilai ttabel = 2,048 dan memiliki tingkat signifikansi (α) 0,000 < 0,05, maka pada tingkat kekeliruan 5% Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa independensi akuntan publik berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit, dengan besaran koefisien determinasi (r2) senilai 0,712. Hasil tersebut menunjukan bahwa independensi akuntan publik memberikan kontribusi pengaruh signifikan sebesar 71,2% terhadap opini audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7484
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 195.7Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 298.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 306.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 35.22Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 179.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 203.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 309.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 456.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 599.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 879.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 197.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 211.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record