PERANAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada PT Pindad (Persero) Bandung)
Author: Pratama, Ignasius Afrianto
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit internal dan pencegahan terjadinya kecurangan serta peranan pelaksanaan audit internal dalam pencegahan terjadinya kecurangan pada PT Pindad (Persero) Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pelaksanaan audit internal sebagai variabel independen dan pencegahan terjadinya kecurangan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis dengan pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah audit internal pada bagian Satuan Pengawasan Intern (SPI) PT Pindad (Persero) yang berkantor pusat di Kota Bandung sebanyak 33 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan objek auditor internal sejumlah 33 orang yang berada di bagian Satuan Pengawasan Intern (SPI) PT Pindad (Persero) Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pelaksanaan audit internal yang diterapkan pada PT PINDAD (Persero) sudah memadai dengan adanya perencanaan audit, pengujian dan pengevaluasian informasi, penyampaian hasil pemeriksaan dan tindak lanjut hasil pemeriksaan. Pencegahan kecurangan telah dilaksanakan secara memadai dengan membangun budaya jujur, terbuka dan tercapainya unsur-unsur membangun Sistem Pengendalian Intern. Peranan audit internal dalam pencegahan kecurangan di PT Pindad (Persero) telah dilaksanakan dengan memadai dan efektif. Berdasarkan hal tersebut, penulis menyimpulkan bahwa audit internal berperan terhadap praktik kecurangan pada PT Pindad (Persero).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7481
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 83.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 784.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 236.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 122.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.95Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 250.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 342.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 292.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 443.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.39Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 111.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record