PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei Pada SKPD Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei Pada SKPD Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei Pada SKPD Kota Bandung)
Author: Dwiyanti, Andini
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada SKPD Kota Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah penerapan standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal pemerintah sebagai variabel independen. Sedangkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai bagian keuangan yang bekerja pada Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pelayanan Pajak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bandung, Bagian Tata Usaha Setda Kota Bandung, Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Kota Bandung, Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Kota Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 pegawai dari bagian keuangan masing-masing SKPD. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 38,7% dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 36,3%. Sedangkan secara simultan pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 75%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7459
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 149.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 98.56Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.38Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 152.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 247.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 267.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 230.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 97.48Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 242.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 289.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 565.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 554.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record