PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR

No Thumbnail Available
Date
2012
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial merupakan sebuah bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan dalam rangka peningkatan citra baik perusahaan. Perusahaan manufaktur memiliki kontribusi yang cukup besar dalam masalah-masalah polusi, limbah, keamanan produk dan tenaga kerja. Banyak faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam mengungkapkan tanggung jawab sosialnya diantaranya adalah size perusahaan, ukuran dewan komisaris, profile dan leverage. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran tentang praktek pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia dan mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan (size perusahaan, ukuran dewan komisaris, profile dan leverage) terhadap pengungkapan tanggung jawab sosialnya. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat survei sedangkan metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010. Jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (go public) di BEI pada tahun 2010 adalah 140 perusahaan yang meliputi sektor industri dasar kimia, sektor aneka industri dan industri barang konsumsi. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik puposive sampel dengan Total 112 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunaka uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa praktek pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia rata-rata hanyalah sebesar 44,8 % dari total pengungkapan. Faktor-faktor size, ukuran dewan komisaris, dan profile secara simultan mempengaruhi pengungkapan tangggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Secara parsial hanya leverage yang tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab social perusahaan manufaktur.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility
Citation