PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR
No Thumbnail Available
Date
2012
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial merupakan sebuah bentuk
kepedulian dan rasa tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan
lingkungan dalam rangka peningkatan citra baik perusahaan. Perusahaan
manufaktur memiliki kontribusi yang cukup besar dalam masalah-masalah polusi,
limbah, keamanan produk dan tenaga kerja. Banyak faktor yang mempengaruhi
perusahaan dalam mengungkapkan tanggung jawab sosialnya diantaranya adalah
size perusahaan, ukuran dewan komisaris, profile dan leverage.
Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran tentang praktek
pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan
manufaktur di Indonesia dan mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan (size
perusahaan, ukuran dewan komisaris, profile dan leverage) terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosialnya.
Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat survei
sedangkan metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Populasi dari
penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) tahun 2010. Jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (go
public) di BEI pada tahun 2010 adalah 140 perusahaan yang meliputi sektor
industri dasar kimia, sektor aneka industri dan industri barang konsumsi. Metode
pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik puposive sampel dengan
Total 112 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan
menggunaka uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa praktek
pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan
manufaktur di Indonesia rata-rata hanyalah sebesar 44,8 % dari total
pengungkapan. Faktor-faktor size, ukuran dewan komisaris, dan profile secara
simultan mempengaruhi pengungkapan tangggung jawab sosial perusahaan
manufaktur. Secara parsial hanya leverage yang tidak berpengaruh signifikan
terhadap pengungkapan tanggung jawab social perusahaan manufaktur.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility