PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Widyatama Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Show full item record

Title: PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Author: Wardani, Ratih Kusuma
Abstract: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial merupakan sebuah bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan dalam rangka peningkatan citra baik perusahaan. Perusahaan manufaktur memiliki kontribusi yang cukup besar dalam masalah-masalah polusi, limbah, keamanan produk dan tenaga kerja. Banyak faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam mengungkapkan tanggung jawab sosialnya diantaranya adalah size perusahaan, ukuran dewan komisaris, profile dan leverage. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran tentang praktek pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia dan mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan (size perusahaan, ukuran dewan komisaris, profile dan leverage) terhadap pengungkapan tanggung jawab sosialnya. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat survei sedangkan metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010. Jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (go public) di BEI pada tahun 2010 adalah 140 perusahaan yang meliputi sektor industri dasar kimia, sektor aneka industri dan industri barang konsumsi. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik puposive sampel dengan Total 112 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunaka uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa praktek pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia rata-rata hanyalah sebesar 44,8 % dari total pengungkapan. Faktor-faktor size, ukuran dewan komisaris, dan profile secara simultan mempengaruhi pengungkapan tangggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Secara parsial hanya leverage yang tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab social perusahaan manufaktur.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7443
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.41Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 34.32Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.98Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.36Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.42Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.80Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.72Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 66.86Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 132.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 202.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 39.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record