PENGARUH ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat)
Author: Verasvera, Febrina Astria
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Febrina Astria Verasvera, NPM 0110A047, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Widyatama; yang berjudul “Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat)”. Penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Raya Cibabat No. 331 Cimahi, Jawa Barat. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh anggaran berbasis kinerja terhadap peningkatan kinerja aparatur pemerintah daerah. Dengan indikator penelitian untuk Variabel X (Anggaran Berbasis Kinerja) yaitu persiapan, ratifikasi, implementasi, evaluasi dan pelaporan. Sedangkan untuk Variabel Y (Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah) yaitu efektivitas, efisiensi, pertumbuhan pegawai, dan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, dan pengujian hipotesis yang digunakan yaitu analisis korelasi Rank Spearman guna mengetahui korelasi Variabel X (Anggaran Berbasis Kinerja) dan Variabel Y (Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah). Sedangkan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y digunakan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian atas data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa, anggaran berbasis kinerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Hal ini ditunjukkan pada hasil korelasi Rank Spearman sebesar rs = 0,6956 yang berada pada interval 0,60-0,79 yang menunjukkan tingkat hubungan yang kuat, serta hasil pengujian hipotesis yang hasilnya menunjukkan bahwa thitung 7,1150 > ttabel 1,6707. Hal tersebut mengindikasikan penolakan Ho yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X dengan variabel Y dan untuk koefisien determinasi yang menunjukkan besarnya pengaruh anggaran berbasis kinerja terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah diperoleh hasil sebesar 48,39% sedangkan 51,61% dipengaruhi faktor lainnya. Sehingga diharapkan semua aparat yang ada di Dinas Sosial mampu melaksanakan anggaran berbasis kinerja dengan lebih baik lagi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7430
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 60.06Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.34Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.54Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.90Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.95Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 138.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 431.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 648.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.61Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 34.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record