PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENCAPAIAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MODERN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENCAPAIAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MODERN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENCAPAIAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MODERN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)
Author: Fadillah, Angling Ligar
Abstract: Pengendalian merupakan kegiatan dalam suatu organisasi dengan tujuan agar organisasi tersebut melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian intern dan bagaimana pencapaian akuntabilitas dan transparansi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying serta untuk mengetahui peranan sistem pengendalian intern terhadap pencapaian akuntabilitas dan transparansi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, dan pengujian hipotesis yang digunakan yaitu analisis korelasi Rank Spearman guna mengetahui korelasi Variabel X (sistem pengendalian intern) dan Variabel Y (pencapaian akuntabilitas dan transparansi). Sedangkan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y digunakan koefisien determinasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai seksi pelayanan dan seksi pengawasan dan konsultasi KPP Pratama Bandung Cibeunying yang berjumlah 32 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern berpengaruh positif signifikan terhadap pencapaian akuntabilitas dan transparansi pada KPP Pratama Bandung Cibeunying. Hal ini ditunjukkan pada hasil korelasi Rank Spearman sebesar rs = 0,64 yang berada pada interval 0,60-0,799 yang menunjukkan tingkat hubungan yang kuat, serta hasil pengujian hipotesis yang hasilnya menunjukkan bahwa thitung 4,561 > ttabel 1,697. Hal tersebut mengindikasikan penolakan Ho yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X dengan variabel Y dan untuk koefisien determinasi yang menunjukkan besarnya pengaruh sistem pengendalian intern terhadap pencapaian akuntabilitas dan transparansi diperoleh hasil sebesar 41% sedangkan 59% dipengaruhi faktor lainnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7422
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 89.80Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 83.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 111.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 83.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 80.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 125.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 175.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 321.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 82.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 65.75Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record