PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN HOTEL (Studi kasus pada Hotel Grand Serela Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN HOTEL (Studi kasus pada Hotel Grand Serela Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN HOTEL (Studi kasus pada Hotel Grand Serela Bandung)
Author: Djuarsa, Sherly Malinda
Abstract: Kegiatan promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi dari pihak produsen kepada pihak konsumen yang sifatnya persuasive (membujuk) mengenai kegunaan, kualitas, harga, dan tempat dimana konsumen bisa mendapatkan jasa atau barang, serta informasi produk lainnya. Oleh karena itu promosi merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen, agar konsumen menjadi tertarik untuk mencoba membeli atau menikmati jasa yang dipromosikan. Suatu perusahaan menginginkan realisasi biaya promosi yang tidak lebih tinggi dari anggaran yang sudah ditetapkan sebagai suatu standar yang ideal, karena hasil realisasi biaya promosi ini dapat dilihat dan dijadikan sebagai salah satu tolak ukur dalam meninjau kinerja perusahaan. Apabila biaya promosi tersebut ditetapkan dengan tidak efektif dan tidak dikendalikan dengan tepat, dapat menyebabkan biaya promosi yang melebihi pendapatan yang didapat, dan melebihi dari jumlah biaya yang sudah dianggarkan sebelumnya. Metode penelitian yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus yaitu dengan mengamati aspek-aspek tertentu secara lebih rinci dan meneliti secara seksama mengenai sifat serta hubungan antara masing-masing variabel yang akan diteliti, kemudian di analisis secara statistik serta diambil kesimpulan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan verifikatif kuantitatif, yaitu melakukan penelitian untuk memperoleh fakta dan data primer maupun sekunder yang diperlukan. Penulis memutuskan untuk meneliti dengan menggunakan metode studi kasus karena dalam penelitian ini hanya dilakukan pada satu perusahaan saja dan masalah yang diteliti bersifat khusus. Data primer diperoleh dari penelitian secara langsung pada obyek dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dan data sekunder yang dibutuhkan penulis diperoleh dari hasil kepustakaan(library research).. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa koefisien regresinya (b) adalah negatif, hal ini berarti terdapat hubungan yang sifatnya tidak selalu searah antara perubahan variabel X dengan variabel Y. Ini dikarenakan di dalam bisnis jasa pariwisata khusunya jasa perhotelan, bulan berjalan sangat berpengaruh di dalam meningkat atu menurunnya biaya promosi dan tingkat hunian. Bulan berjalan tersebut dapat dipengaruhi oleh masa liburan sekolah, libur hari raya, cuti perusahaan dan lain sebagainya. Dari perhitungan koefisien determinasi (KD) diperoleh angka sebesar 0.646 atau 64,6%, hal ini berarti bahwa tingkat hunian sebesar 64,6% dipengaruhi oleh anggaran biaya promosi, sedangkan sisanya sebesar 35,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti, contohnya penjualan Food & Beverage, sarana olah raga, ruang pertemuan dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan statistik uji t diketahui bahwa t hitung > t tabel atau 3,625 > 2,228 menurut kriteria yang ada disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara anggaran biaya promosi dengan tingkat hunian atau Anggaran Biaya Promosi yang dilakukan oleh perusahaan akan berpengaruh terhadap Tingkat Hunian Perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7417
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.322Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.82Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.93Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.98Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.71Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar dan Grafik.pdf 21.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 61.05Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 154.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.19Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 116.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.81Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.95Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record