PERANAN PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Astra International Tbk. Toyota AUTO 2000 Cabang Pasteur Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Astra International Tbk. Toyota AUTO 2000 Cabang Pasteur Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Astra International Tbk. Toyota AUTO 2000 Cabang Pasteur Bandung)
Author: Puspawati, Fibria
Abstract: Penjualan memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan karena menyangkut berlangsungnya proses operasi perusahaan. Dalam pelaksanaan penjualan, tidak dapat dipungkiri kita menghadapi kendala-kendala baik berupa rintangan kecil atau berupa suatu rintangan besar. Kompleksnya proses penjualan suatu perusahaan maka diperlukan pengendalian intern yang baik khususnya dalam melakukan aktivitas penjualan agar proses penjualan berjalan dengan efektif. Penulis melakukan penelitian pada PT. Astra International Tbk. Toyota AUTO 2000 cabang Pasteur yaitu suatu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, perawatan, dan perbaikan kendaraan merek Toyota yang terletak di Jalan Dr. Djundjunan No.192 Bandung 40163. Metode yang penulis gunakan adalah merode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti berdasarkan data primer yang diperoleh melalui wawancara serta mengajukan pertanyaan tertutup kepada para pejabat yang terkait, dan data sekunder yang diperoleh dengan cara mempelajari literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peranan dan pelaksanaan pengendalian intern penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan. Hipotesis yang dibuat oleh penulis dalam penelitian ini adalah ”Pengendalian intern penjualan berperan penting dalam menunjang efektivitas penjualan pada PT. Astra International Tbk. Toyota AUTO 2000 cabang Pasteur”. Pengujian hipotesis dilakukan dengan melakukan analisis deskripsi dan analisis statistik dengan variabel tiga variabel, yaitu: peranan pengendalian intern yang memadai, efektivitas penjualan, dan peranan pengendalian intern penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisis statistik terhadap pengendalian intern penjualan, penulis menyimpulkan bahwa pengendalian intern penjualan pada PT. Astra International Tbk. Toyota AUTO 2000 cabang Pasteur sangat berperan dalam menunjang efektivitas penjualan. Penilaian yang dilakukan penulis didukung pula oleh perhitungan persentase dengan hasil sebesar 90,54% yang menunjukkan klasifikasi diantara 75%-100%. Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7397
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.956Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.49Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.50Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.63Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 91.83Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 68.20Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 192.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.52Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record