PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN INKASO (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung Asia Afrika)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN INKASO (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung Asia Afrika)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN INKASO (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung Asia Afrika)
Author: Maharesti, Femmy Mertha
Abstract: Judul dari penelitian ini adalah “Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern Inkaso”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian sistem informasi akuntansi terhadap inkaso, mengetahui efektivitas pengendalian intern inkaso dan mengetahui peranan sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern inkaso pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung Asia Afrika. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data-data yang telah dikumpulkan melalui kuesioner, observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis, kemudian dianalisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori yang telah dipelajari. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern Inkaso pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Bandung Asia Afrika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Penerapan Sistem Informasi Akuntansi di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Bandung Asia Afrika telah digunakan secara memadai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan pengolahan transaksi inkaso di BRI telah menggunakan Sistem Pengolahan Data Elektronik yang bersifat fleksibel dengan selalu diterapkannya pengendalian internal untuk tercapainya tujuan perusahaan yang efektif. Hasil jawaban responden terhadap kuesioner untuk variabel independen yaitu peranan sistem informasi akuntansi telah memadai hal ini dilihat dari persentase sebesar 90,62 % dan untuk variabel dependen yaitu efektivitas pengendalian intern inkaso telah efektif hal ini dilihat dari persentase sebesar 85,71 % kemudian dapat diketahui bahwa peranan sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern inkaso telah berperan hal ini dilihat dari persentase sebesar 88,33 %, maka hipotesis yang penulis ajukan, yaitu : “Apabila sistem informasi akuntansi yang baik dan prosedur inkaso yang tepat diterapkan secara memadai maka akan menunjang efektivitas sistem pengendalian intern inkaso”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7381
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 157.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 76.70Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 78.73Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 117.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 101.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 74.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 95.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 154.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 249.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 179.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 203.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 125.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record