MANFAAT ANGGARAN PENJUALAN DALAM UPAYA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Kereta Api (Persero))

Widyatama Repository

MANFAAT ANGGARAN PENJUALAN DALAM UPAYA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Kereta Api (Persero))

Show full item record

Title: MANFAAT ANGGARAN PENJUALAN DALAM UPAYA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Kereta Api (Persero))
Author: Putra, Eko Nugroho Aditiya Utama
Abstract: Secara umum tujuan didirikannya perusahaan adalah untuk mencari laba berguna untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan perencanaan yang matang, serta cara pengendalian yang memadai, sehingga dapat diketahui hasil pelaksanaan dari rencana. Sebagai alat bantu untuk perencanaan, sebagai alat koordinasi dan sebagai alat pengendalian adalah anggaran. Anggaran sebagai tools of management merupakan suatu perencanaan dan pengendalian terpadu yang dilaksanakan dengan tujuan agar perencanaan dan pengendalian tersebut betul-betul mempunyai daya guna dan hasil guna untuk mencapai produktivitas, efisiensi, dan profit margin yang tinggi bagi perusahaan. Dengan demikian anggaran dapat berfungsi sebagai alat bantu manajemen dalam mengendalikan kegiatan perusahaan, khususnya kegiatan penjualan melalui penerapan anggaran penjualan. Namun faktor-faktor yang tidak terkendali seperti keadaan alam, teknologi, sosial budaya, persaingan, dan lain-lain tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan penjualan perusahaan. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana kememadaian penyusunan anggaran penjualan pada PT. Kereta Api (Persero), bagaimana efektivitas pengendalian penjualan pada PT. Kereta Api (Persero), serta untuk mengetahui sejauh mana manfaat anggaran penjualan dalam upaya menunjang efektivitas pengendalian penjualan pada PT. Kereta Api (Persero). Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis, yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan perusahaan yang sebenarnya dan memberikan gambaran mengenai masalah yang ada pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Penelitian lapangan (field research) dan Penelitian kepustakaan (library research). Untuk pengujian hipotesis yang diajukan, dihitung dengan menggunakan persentase, menggunakan metode Champion. Hasil hipotesis yang didapat adalah 87,33% untuk perhitungan kememadaian penyusunan anggaran penjualan, 92,58% untuk perhitungan efektivitas pengendalian penjualan dan 92,72% untuk perhitungan manfaat anggaran penjualan dalam upaya menunjang efektivitas pengendalian penjualan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penyusunan anggaran penjualan memadai, pengendalian penjualan efektif dan anggaran penjualan bermanfaat dalam upaya menunjang efektivitas pengendalian penjualan. Penulis memberikan saran yaitu mempertahankan prosedur penyusunan anggaran yang baik, peningkatan pelayanan terhadap konsumen dan peningkatan knerja perusahaan serta menetapkan target perencanaan yang lebih baik artinya angka-angkanya bisa mendekati realisasi yang diterima perusahaan, sehingga tidak menyimpang jauh antara target dan realisasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7380
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.79Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 83.08Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 75.58Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 83.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 98.00Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 72.28Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 71.76Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 72.90Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 114.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 278.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 223.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 287.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 93.97Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 80.47Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record